Blouse batik pesanan mbak Acha

1-124___05

Yak, kali ini TnB dapet orderan dari seorang kawan merangkap tetangga (beda beberapa gang) di Oulu, yang doi adalah warga Indo juga. Orderannya berupa atasan/blouse dari bahan batik yang dibawanya dari Indonesia.

Proyek penjahitan baju ini memakan waktu yang cukup lama, dikarenakan kesibukan melanda si penjahit. Kesibukan magang, sekolah, dan mengurus zawjinya 😀

Baju ini dilengkapi fitur kantong depan dua buah, dan kancing bungkus di bagian tengah. Biaya bungkus kancing di sini (Oulu) adalah 90 cent per butir. Kalau dirupiahkan, jadinya sekitar 14ribuan lah. Mayan yah? Karena butuh 7 buah kancing (plus 2 cadangan), jadi untuk kancingnya saja, menghabiskan biaya 8 Euro-an alias 120ribuan rupiah (asumsi 1 Eur = 15,000 rupiah). Baru bungkus kancingnya doang itu. Belum beli kancingnya.

Yah, begitulah kisah kasih harga bahan-bahan dan peralatan jahit di sini. Belum lagi ongkos penjahitnya. Agak-agak sadis. Oiya, jadi pengen cerita soal upah jahit di sini. Waktu itu di sekolah jahit OSAO, kita diajarin itung-itungan biaya untuk produksi 1 buah rok. Kalau di Finland, standar upah penjahit itu 8,80 Euro per jam. Asumsinya, untuk 1 proyek pembuatan baju atau rok dari mengukur-membuat desain- membuat pola – menjiplak pola pada bahan- menggunting bahan-menjahit potongan bahan- finishing, biasanya memakan waktu 20 jam. Jadi upah totalnya = 20 x 8,80 Eur = 176 Eur. Luar biasa yah. Coba bandingin sama upah jahit atau permak di Indo. (Ya jangan dibandingin dong, kan gak jeruk to jeruk, protes pembaca pada penulis :D)

Iya deh iya.. Cuman buat wawasan aja kok. Bukan maksud ngebanding2in..kalem bos..peace 🙂, jawab penulis

Demikianlah tulisan singkat yang ceritanya lompat-lompat, ditulis dalam waktu singkat, semoga bermanfaat.

Salam semangat!

Tanjung[non]Boutique 

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s